Puasa adalah suatu ibadah yang wajib dan termasuk bagian dari rukun islam yang ke empat, Puasa mengajarkan banyak sekali faedah salah satunya bagaimana kita bisa menahan nafsu dari semua nafsu seperti nafsu amarah, nafsu lawwamah, nafsu keinginana dan nafsu yang lainya. Hukum Pernikahan dan pebudakan bisa anda baca disini.

Puasa bukan hanya menahan rasa haus dan lapar saja tetapi menahan semua godaan syaitan untuk berprilaku menyimpang dari ajaran agama islam, Disamping itu puasa sanagat menyehatkan bagi tubuh kita karena lambung beristirahat dari kerja yang maksimal setiap hari untuk mencerna semua makanan yang masuk dari mulut.

Ibadah puasa juga sudah diwajibkan untuk orang orang sebelum kita, dan mereka juga termasuk golongan orang orang yang beriman kepada Allah SWT.

Puasa bisa juga sebagai ajang bagaimana kita merasakan betapa menderitanya saudara seiman kita yang tidak bisa makan, sedangkan kita bisa makan dengan nikmat dan lahapnya tanpa memandang nasib saudara seiman kita yang sedang di rundung kemiskinan.

Dalam beberapa dalil di dalam Al-Qur'an dan Hadist juga sangat jelas perintah untuk menjalankan Ibadah Puasa.

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian untuk berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa, (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka, barang siapa di antara kalian sakit atau berada dalam perjalanan (lalu berbuka), (dia wajib berpuasa) sebanyak hari yang ia tinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Wajib bagi orang-­orang yang berat menjalankannya, (jika mereka tidak berpuasa), membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang mengerjakan kebajikan dengan kerelaan hati, itulah yang lebih baik baginya. Berpuasa lebih baik bagi kalian jika kalian mengetahui. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur`an sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan-­penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Oleh karena itu, barangsiapa di antara kalian hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, hendaklah ia ber­puasa pada bulan itu, dan barangsiapa yang sakit atau berada dalam perjalanan (lalu berbuka), (dia wajib berpuasa) sebanyak hari yang ia tinggal­kan itu pada hari-hari yang lain. Allah meng­hendaki kemudahan bagi kalian, dan tidak meng­hendaki kesukaran bagi kalian. Hendaklah kalian mencukupkan bilangan (bulan) itu dan hendaklah kalian mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberi­kan kepada kalian supaya kalian bersyukur.” [Al-Baqarah: 183-185]


“Islam dibangun di atas lima (perkara, pondasi): Syahadat Lâ Ilâha Illallâh wa Anna Muhammadan ‘Abduhu wa Rasûluhu, mendirikan shalat, me­ngeluarkan zakat, berhaji ke Rumah Allah, dan berpuasa Ramadhan.”

“Shalat lima waktu (diwajibkan) dalam sehari dan semalam.” Maka, ia berkata, “Apakah ada kewajiban lain terhadapku?” Beliau menjawab, “Tidak ada, kecuali hanya ibadah sunnah. Juga puasa Ramadhan.” Maka, ia berkata, “Apakah ada kewajiban lain terhadapku?” Beliau menjawab, “Tidak ada, kecuali hanya ibadah sunnah,” dan Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam menyebutkan (kewajiban) zakat terhadapnya. Maka, ia berkata, ‘Apakah ada kewajiban lain terhadapku?’ Beliau menjawab, ‘Tidak ada, kecuali hanya ibadah sunnah.” Kemudian, orang tersebut pergi seraya berkata, “Demi Allah, saya tidak akan menambah di atas hal ini dan tidak akan menguranginya.’ Maka, Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Ia telah beruntung apabila jujur.’.”

“Islam adalah bahwa engkau bersaksi bahwa tiada yang berhak untuk diibadahi kecuali Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah Rasul Allah, engkau menegak­kan shalat, mengeluarkan zakat, berpuasa Ramadhan, serta berhaji ke rumah (Allah) bila engkau sanggup menempuh jalan untuk itu.”

Dalil diatas menunjukan betapa puasa ( Dibulan Ramadhan ) adalah suatu keharusan yang wajib dijalankan oleh semua umat muslim di seluruh dunia, Bahkan Allah SWT akan menghapuskan semua dosa dari seseorang apabila dia mau dan mampu berpuasa selama sebulan penuh di bulan Ramadhan.

Semoga Bermanfaat.....

0 komentar:

Post a Comment

Daftar Tamu

Warning

Blog Ini Dalam Perlindunga Allah SWT

Fanspage