Blog ini dalam perlindungan Allah SWT.
Home » » Meraih Khusyu' Dalam Sholat

Meraih Khusyu' Dalam Sholat

Ibadah Sholat adalah ibadah yang sangat diwajibkan oleh Allah SWT untuk umat islam di manapun berada, Perintah untuk melaksanakan ibadah sholat sudah banyak sekali kita temui di dalam Al-Qur'an dan Hadist seperti pada salah satu dalil ini “Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku”. QS. Al-Baqarah [2] : 43. Sudah sangat jelas perintahnya untuk umat islam diperintah dan di wajibkan untuk melakukan ibadah sholat.

Ibadah sholat sebagai bentuk ketakwaan kita kepada Allah SWT di mana kita bisa berinteraksi dengan sang pencipta dan san penguasa alam semesta ini, Sholat juga sebagai spritualisasi jiwa kita untuk terhubung dengan hal yang ghoib disamping fungsi sesungguhnya yaitu : menyembah kepada Allah SWT. Untuk dalil perintah sholat yang lain bisa anda baca di artikel kami yang lain disini.

Dengan melaksanakan ibadah sholat kita sudah melaksanakan kewajiban untuk melaksanakan rukun islam yang ke dua maka sempurnalah ke islaman kita, Sholat dikerjakan 5 kali dalam sehari semalam yaitu :

- Sholat Subuh       2 Rokaat
- Sholat Dzuhur     4 Rokaat 
- Sholat Ashar       4 Rokaat
- Sholat Maghrib   3 Rokaat
- Sholat Isya'         4 Rokaat

Kalau di total kita melaksanakan sholat selama sehari semalam adalah 17 Rokaat, Orang yang senang dan rajin melaksanakan ibadah sholat akan tenang jiwa nya karena selalu menghadapkan wajahnya ke Pemilik Alam Semesta yaitu Allah SWT.

Tenang nya jiwa karena kita menyerahkan sepenuhnya kepada Allah SWT dengan segenap kesabaran dan keihklasan pasrah akan sifat Jaiz nya Allah SWT. Tetapi banyak sekali umat muslim yang tidak mengetahui dan menyadari arti yang sesungguhnya dari ibadah sholat tersebut, Sehingga kebanyakan dari mereka melaksanakan ibadah sholat hanya sebagai pengugur kewajiban semata.

Sholat yang baik dan benar itu bisa kita lakukan asal kita mengetahui beberapa fiqih dan tata cara sholat yang baik dan benar, Apakah bisa manusia menentukan ibadah manusia yang lain apakah itu baik atau tidak? bukankah ketentuan baik dan tidaknya tergantung dari Allah SWT? jawaban saya adalah Manusia bisa melihat ibadah sholat seseorang sudah baik apa belum, tetapi masalah diterima dan tidak nya itu tergantung Allah SWT. Baca Artikel kami Sholat di dalam Al-Qur'an

Adapun menurut ilmu Syari'at sholat yang baik adalah :

- Mengetahui Syarat & Rukunnya Sholat
- Suci dari hadast ( Baik Kecil Maupun Besar )
- Mengerti Sunnah nya sholat
- Bacaan Sholatnya Fasih dan Mengerti Tajwid
- Khusyu'

Diatas adalah beberapa kereteria untuk mengukur apakah ibadah sholat kita atau orang lain sudah baik dan benar, Namun dari kelima di atas yang paling sulit adalah yang terakhir yaitu bagaiamana sholat yang khusyu' itu? Inti dari sholat khusyu' adalah sholat yang benar-benar fokus pada Allah SWT, Bukan kepada yang lain apalagi terbawah fikiran hutang, rumah tangga dan lainya.

Untuk mendapatkan sholat yang khusyu' kita harus meninggalkan sesa'at fikiran tentang dunia dan menfokuskan diri kita hanya kepada Allah SWT. Ada beberapa ulama yang menyarankan untuk menterjemahkan arti dari apa yang kita baca pada saat kita melaksanakan ibadah sholat. Namun bagaimana dengan yang tidak mengerti akan arti bacaan kita?

Saya akan berbagi sedikit tips untuk mendapatkan sholat yang khusyu' namun sebelum itu silahkan baca dulu artikel kami tentang Wajibnya Sholat.

Berikut beberapa tips agar bisa meraih sholat khusyu' yang sangat muda dan sederhana :

* Sebelum melaksanakan sholat usahakan semua pekerjaan sudah terselesaikan
* Sebelum niat sholat ucapkan kedua kalimat sahadat
* Jangan Sholat dalam keadaan lapar maupun kenyang
* Pada saat sholat baca kalimat Allah di dalam hati terus menerus walau mulut mengucap bacaan sholat

Semua butuh latihan dan proses jadi apabila kita sudah terbiasa maka bukan tidak mungkin sholat khusyu' akan kita dapatkan setiap kita melaksanakan ibadah sholat. InsyaAllah


0 komentar:

Post a Comment