Blog ini dalam perlindungan Allah SWT.
Home » » Jalin Silaturahmi Agar Umur Kita Panjang

Jalin Silaturahmi Agar Umur Kita Panjang

Menjalin tali silaturahmi adalah sebuah metode yang diajarkan oleh Agama Islam untuk memperpanjang umur kita, Bukan mengadakan pesta ulang tahun yang mampu bisa membuat kita panjang umur tetapi satu cara yaitu menjalin tali silaturahmi lah ayang akan menjadikan kenyantaan umur kita akan menjadi barokah.

Ya... cara bersilaturahmi inilah salah satu cara untuk membuat umur kita barokah, karena dengan barokah nya umur kita maka umur kita akan menjadi sangat bermanfaat bagi semuanya dan akan terasa kita hidup sangat lama tanpa beban.

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu. ( QS. An-Nisa ; 1 )


Lantas bagaimana caranya kita agar selalu menjaga tali silaturahmi ini? kita menjaga tali silaturahmi sebagai umat muslim yang taat adalah menjaga tali silturahmi dengan bertegur sapa dan mengucapkan salam apabila kita bertemu dengan kerabat kita, Itu adalah cara yang sangat muda dan sederhana untuk menjaga tali silaturahmi kita.

Manfaatnya apa bagi kita bila kita menjaga silaturahmi? sangat banyak sekali diantaranya kita akan dilapangkan rezeki dan akan diberikan umur yang barokah, hati selalu damai dan tentram karena tidak ada rasa permusuhan yang kita timbulkan, Disamping itu juga akan muncul rasa tenggang rasa serta rasa kesatuan dan persatuan yang sangat tinggi apabila kita bersama sama menjaga tali silaturahmi, Perintah Allah SWT tidak ada yang buruk untuk kaumnya semua perintah Allah dan Rasulnya selalu membawa dampak kebaikan yang sangat terasa bagi semua umatnya.

Adapun perintah untuk menjalin tali silaturahmi diperkuat dengan beberapa dalil Al-Qur'an dan hadist seperti yang dibawa ini :


Dari Anas bin Malik ra, bahwa Rasulullah saw bersabda : “ barangsiapa yang ingin diluaskan rizkinya dan dipanjangkan umurnya ( kebaikannya ) maka bersilaturahmilah. ( HR. Al-Bukhari )

Dari Abdillah bin Salam ra berkata : Ketika Nabi saw tiba di Madinah, orang berebut mendekat kepadanya, aku termasuk yang berebut. Tatkala nampak jelas kepadaku wajahnya, saya tahu bahwa wajahnya bukan wajah pendusta. Dan yang pertama saya dengar darinya, beliau bersabda : “ Sebarluaskan salam, bersedekahlah dengan makanan, bersilaturahmilah,  dan shalatlah di malam hari saat orang lain lelap tidur, kamu akan masuk surga dengan selamat.”  ( HR. Ahmad dan Ad-Darimi )

Dari Abi Sa’id Al-Khudri ra berkata, bersabda Rasulullah saw : “ Tidak akan masuk surga pemilik lima hal :  Peminum miras, Orang yang percaya sihir, Pemutus silaturahmi, dukun, dan yang suka mengungkit-ungkit kebaikan.” ( HR. Ahmad )

Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma`ruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keredhaan Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar. ( QS. An-Nisa : 114 )

Dan difirmankan: “Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah,” Dan airpun disurutkan, perintahpun diselesaikan dan bahtera itupun berlabuh di atas bukit Judi, dan dikatakan: “Binasalah orang-orang yang zalim.” Dan Nuh berseru kepada Tuhannya sambil berkata: “Ya Tuhanku, sesungguhnya anakku, termasuk keluargaku, dan sesungguhnya janji Engkau itulah yang benar. Dan Engkau adalah Hakim yang seadil-adilnya.” Allah berfirman: “Hai Nuh, sesungguhnya dia bukanlah termasuk keluargamu (yang dijanjikan akan diselamatkan), sesungguhnya (perbuatannya) perbuatan yang tidak baik. Sebab itu janganlah kamu memohon kepada-Ku sesuatu yang kamu tidak mengetahui (hakekat) nya. Sesungguhnya Aku memperingatkan kepadamu supaya kamu jangan termasuk orang-orang yang tidak berpengetahuan.” ( QS. Hud : 42-46 ) 

Allah SWT selalu menjaga hambanya yang mau memperkuat dan menjalin tali silaturahmi dengan sesamanya, Janji Allah SWT tidak pernah meleset dan selalu tepat mengena pada semua hambanya.

Wallau A'lam Bisshowab


0 komentar:

Post a Comment